Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Zona Integritas (ZI)

A. PROSES (60)
I. MANAJEMEN PERUBAHAN (5) 5,0 4,56 91,20%
1 Tim Kerja (1) 1,0 1,00 100,00%
a. Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas ? Y/T Ya 1 Ya, SK Pembentukan Tim Pembangunan ZI Ya, apabila Tim telah dibentuk di dalam unit kerja Link
b. Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas ? A/B/C A 1 Ya,Daftar Riwayat Hidup, Laporan Penilaian dan Pembentukan Anggota Tim kerja a. Dengan prosedur/mekanisme yang jelas; b. Sebagian menggunakan prosedur; c. Tidak di seleksi
2 Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas (1) 1,0 1,00 100,00%
a. Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ? Y/T Ya 1 Ya, Undangan Rapat, Daftar Hadir, Foto, SK Rencana Kerja Pembangunan ZI PN Ktp Ya, apabila memiliki dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas
b. Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM? A/B/C A 1 Ya, SK Komitmen Pemberian Layanan Berstandar APM, Dokumentasi Penandatanganan Pakta Integritas, SK Tim Penanganan dan Pengendalian Gratifikasi a. Semua target-target prioritas relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM; b. Sebagian target-target prioritas relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM; c. Tidak ada target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM
c. Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM ? Y/T Ya 1 Ya, Foto Screenshoot Website PN Ktp tentang Sosialisasi WBK/WBBM PN Ktp, Foto Dokumentasi Baner Antikorupsi PN Ktp Ya, apabila ada media sosialisasi pembangunan WBK/WBBM
3 Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM (2) 2,0 1,56 78,00%
a. Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana ? A/B/C/D B 0,67 Ya,SK Penetapan Role Model PN Ketapang, Foto, Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM, Foto Sosialisasi Budaya Kerja oleh Role Model saat Apel, SK Pembentukan Tim Pemilihan Agen Perubahan, Pedoman Pemilihan Agen Perubahan, Berita Acara Pemilihan Agen Perubahan, Undangan, Daftar Hadir, SK Penetapan Agen Perubahan, Foto Screenshoot Website PN Ktp tentang Sosialisasi WBK/WBBM PN Ktp, Foto Dokumentasi Baner Antikorupsi PN Ktp a. Semua kegiatan pembangunan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana; b. Sebagian besar kegiatan pembangunan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana; c. Sebagian kecil kegiatan pembangunan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana; d. Belum ada kegiatan pembangunan yang dilakukan sesuai dengan rencana
b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas A/B/C/D A 1 Ya, Laporan Monev Bulan Februari 2019 a. Jika laporan monitoring dan evaluasi tim internal atas persiapan dan pelaksanaan kegiatan Unit WBK/WBBM dilakukan bulanan; b. Jika laporan monitoring dan evaluasi tim internal atas persiapan dan pelaksanaan kegiatan Unit WBK/WBBM dilakukan triwulan; c. Jika laporan monitoring dan evaluasi tim internal atas persiapan dan pelaksanaan kegiatan Unit WBK/WBBM dilakukan semesteran; d. Jika laporan monitoring dan evaluasi tim internal atas persiapan dan pelaksanaan kegiatan Unit WBK/WBBM dilakukan tahunan
c. Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti ? A/B/C/D B 0,67 Ya, Foto Sosialisasi Budaya Kerja oleh Role Model saat Apel, Undangan, Daftar Hadir, Foto Rapat Bulanan a. Jika semua laporan monitoring dan evaluasi tim internal atas persiapan dan pelaksanaan kegiatan Unit WBK/WBBM telah ditindaklanjuti; b. Jika sebagian besar laporan monitoring dan evaluasi tim internal atas persiapan dan pelaksanaan kegiatan Unit WBK/WBBM telah ditindaklanjuti; c. Jika sebagian kecil laporan monitoring dan evaluasi tim internal atas persiapan dan pelaksanaan kegiatan Unit WBK/WBBM telah ditindaklanjuti; d. Jika laporan monitoring dan evaluasi tim internal atas persiapan dan pelaksanaan kegiatan Unit WBK/WBBM belum ditindaklanjuti
4 Perubahan pola pikir dan budaya kerja (1) 1,0 1,00 100,00%
a. Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM ? Y/T Ya 1 Ya, SK Penetapan Role Model PN Batang, Foto, Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM, Foto Sosialisasi Budaya Kerja oleh Role Model saat Apel Ya, jika pimpinan memberi teladan nyata. misalnya mengisi/mencatat kehadiran setiap hari seperti pegawai lain.
b. Apakah sudah ditetapkan agen perubahan ? Y/T Ya 1 Ya, SK Pembentukan Tim Pemilihan Agen Perubahan, Pedoman Pemilihan Agen Perubahan, Berita Acara Pemilihan Agen Perubahan, Undangan, Daftar Hadir, SK Penetapan Agen Perubahan Ya, jika agen perubahan sudah ditetapkan
c. Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi? Y/T Ya 1 Ya, Dokumentasi Penandatanganan Pakta Integritas, Foto Baner Motto PN Ketapang, Foto Baner Catur Tertib Pegawai PN Ketapang, Foto Sosialiasi melalui Apel Ya, jika dilakukan pelatihan budaya kerja dan pola pikir
d. Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM? A/B/C/D A 1 Ya, Undangan Rapat, Daftar Hadir, Foto, Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM a. Jika semua anggota terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM dan usulan-usulan dari anggota diakomodasikan dalam keputusan; b. Jika sebagian besar anggota terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM; c. Jika sebagian kecil anggota terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM; d. Jika belum ada anggota terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM
II. PENATAAN TATALAKSANA (5) 5,0 4,17 83,40%
1 prosedur operasional tetap (SOP) kegiatan utama (1,5) 1,5 1,34 89,00%
a. Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi A/B/C/D B 0,67 Ya, Peta Proses Bisnis Instansi dan SOP a. Jika semua SOP unit telah mengacu peta proses bisnis dan juga melakukan inovasi yang selaras; b. Jika semua SOP unit telah mengacu peta proses bisnis; c. Jika sebagian besar SOP unit telah mengacu peta proses bisnis; d. Jika sebagian kecil SOP unit telah mengacu peta proses bisnis
b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan A/B/C/D A 1 Ya, SOP a. Jika unit telah menerapkan seluruh SOP yang ditetapkan organisasi dan juga melakukan inovasi pada SOP yang diterapkan; b. Jika unit telah menerapkan seluruh SOP yang ditetapkan organisasi ; c. Jika unit telah menerapkan sebagian besar SOP yang ditetapkan organisasi; d. Jika unit telah menerapkan sebagian kecil SOP yang ditetapkan organisasi
c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi A/B/C/D A 1 Ya, SOP a. Jika seluruh SOP utama telah dievaluasi dan telah ditindaklanjuti berupa perbaikan SOP atau usulan perbaikan SOP b. Jika sebagian besar SOP utama telah dievaluasi dan telah ditindaklanjuti berupa perbaikan SOP atau usulan perbaikan SOP c. Jika sebagian besar SOP utama telah dievaluasi tetapi belum ditindaklanjuti; d. Jika sebagian kecil SOP utama telah dievaluasi
2 E-Office (2) 2,0 1,34 66,75%
a. Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi? A/B/C B 0,5 YA, Aplikasi LLK Elektronik a. Jika unit memiliki sistem pengukuran kinerja yang menggunakan teknologi informasi dan juga melakukan inovasi; b. Jika unit memiliki sistem pengukuran kinerja terpusat yang menggunakan teknologi informasi; c. Belum memiliki sistem pengukuran kinerja yang menggunakan teknologi informasi
b. Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi? A/B/C A 1 Ya, Aplikasi SIKEP MARI a. Jika unit memiliki operasionalisasi manajemen SDM yang menggunakan teknologi informasi dan juga melakukan inovasi; b. Jika unit memiliki operasionalisasi manajemen SDM yang menggunakan teknologi informasi secara terpusat; c. Belum memiliki operasionalisasi manajemen SDM yang sudah menggunakan teknologi informasi
c. Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi? A/B/C B 0,5 Ya, Aplikasi PTSP a. Jika unit memberikan pelayanan kepada publik dengan menggunakan teknologi informasi dan juga melakukan inovasi; b. Jika unit memberikan pelayanan kepada publik dengan menggunakan teknologi informasi secara terpusat; c. Belum memberikan pelayanan kepada publik dengan menggunakan teknologi informasi
d Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik? A/B/C/D B 0,67 Ya, sudah dilakukan monev a. Jika laporan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik dilakukan bulanan; b. Jika laporan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik dilakukan triwulan; c. Jika laporan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik dilakukan semesteran; d. Jika laporan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik dilakukan tahunan
3 Keterbukaan Informasi Publik (1,5) 1,5 1,50 100,00%
a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan Y/T Ya 1 Ya, Banner, papan pengumuman, papan informasi, website Ya, jika kebijakan tentang keterbukaan informasi publik sudah diterapkan
b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik Y/T Ya 1 Ya, sudah dilakukan monev Ya, jika sudah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik
III. PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM (15) 15,0 14,33 95,56%
1 Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi (2) 2,0 1,78 89,00%
a. Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan? Y/T Ya 1 Ya, Peta Jabatan, Analisis Beban Kerja dan Analisis Jabatan Ya, jika kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan
b. Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan? A/B/C/D B 0,67 Ya, Peta Jabatan, Analisis Beban Kerja dan Analisis Jabatan a. Jika semua penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan; b. Jika sebagian besar penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan; c. Jika sebagian kecil penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan; d. Tidak ada penempatan pegawai hasil rekrutmen murni yang mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan.
c. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja? Y/T Ya 1 Ya, Laporan Perkembangan Perilaku Pegawai (SKP) Ya,jika sudah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja
2 Pola Mutasi Internal (2) 2,0 1,55 77,67%
a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan? Y/T Ya 1 Ya, SK Mutasi Pegawai Ya,jika ada dilakukan mutasi pegawai antar jabatan sebagai wujud dari pengembangan karier pegawai
b. Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan? A/B/C/D C 0,33 Ya, SK Pola Mutasi Pegawai a. Jika semua mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan organisasi dan juga unit kerja memberikan pertimbangan terkait hal ini; b. Jika semua mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan organisasi; c. Jika sebagian besar mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan organisasi; d. Jika sebagian kecil semua mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan organisasi
c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? Y/T Ya 1 Ya, Laporan Perkembangan Perilaku Pegawai (SKP) Ya, jika sudah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja
3 Pengembangan pegawai berbasis kompetensi (3) 3,0 3,00 100,00%
a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi ? Y/T Ya 1 Ya, Analisis Kebutuhan Diklat Ya, jika sudah dilakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi
b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai? A/B/C/D A 1 Ya, Analisis Kebutuhan Diklat, Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja dan SKP a. Jika semua rencana pengembangan kompetensi pegawai mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai; b. Jika sebagian besar rencana pengembangan kompetensi pegawai mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai; c. Jika sebagian kecil rencana pengembangan kompetensi pegawai mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai; d. Belum ada rencana pengembangan kompetensi pegawai yang mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai
c. Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan A/B/C/D A 1 Ya, Analisis Kebutuhan Diklat, Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja dan Peta Jabatan a. Jika persentase kesenjangan kompetensi pegawai dengan standar kompetensi yang ditetapkan sebesar <25% ; b. Jika persentase kesenjangan kompetensi pegawai dengan standar kompetensi yang ditetapkan sebesar >25%-50% ; c. Jika sebagian besar kompetensi pegawai dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan >50%-75%; d. Jika persentase kesenjangan kompetensi pegawai dengan standar kompetensi yang ditetapkan sebesar >75%-100%
d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya. A/B/C/D A 1 Ya, Analisis Kebutuhan Diklat, Surat Usulan Mengikuti Diklat, Surat tugas melaksanakan diklat a. Jika seluruh pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya; b. Jika sebagian besar pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya; c. Jika sebagian kecil pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya; d. Belum ada pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya
e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ? A/B/C/D A 1 Ya, Surat Usulan Mengikuti Diklat, Surat tugas melaksanakan diklat a. Jika unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada seluruh pegawai; b. Jika unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada sebagian besar pegawai; c. Jika unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada sebagian kecil pegawai; d. Jika unit kerja belum melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai
f. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? A/B/C/D A 1 Ya, Laporan Perkembangan Perilaku Pegawai (SKP) a. Jika laporan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja dilakukan bulanan; b. Jika laporan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja dilakukan triwulan; c. Jika laporan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja dilakukan semesteran; d. Jika laporan monitoring dan evaluasi laporan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja dilakukan tahunan
4 Penetapan kinerja individu (4) 4,0 4,00 100,00%
a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi A/B/C/D A 1 Ya, Formulir Sasaran Kinerja (SKP) a. Jika seluruh penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi ; b. Jika sebagian besar penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi ; c. Jika sebagian kecil penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi ; d. Belum ada penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi
b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya A/B/C/D A 1 Ya, Penilaian Sasaran Kerja Individu (SKP) a. Jika seluruh ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya ; b. Jika sebagian besar ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya ; c. Jika sebagian kecil ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya ; d. Belum ada ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya
c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik A/B/C/D/E A 1 Ya, Laporan kinerja Pegawai perbulan a. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara bulanan b. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara triwulanan c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara semesteran d. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara tahunan e. Pengukuran kinerja individu belum dilakukan
d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll). A/B/C/D A 1 Ya, pemberian reward berupa usulan kenaikan pangkat dan tanda penghargaan a. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar pemberian reward b. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar pemberian reward c. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar pemberian reward d. Hasil penilaian kinerja individu belum dijadikan dasar pemberian reward
5. Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai (3) 3,0 3,00 100,00%
a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan A/B/C/D A 1 ya,SK Tim pengawas disiplin kerja, SK Penunjukan Penanggung jawab dan petugas daftar hadir dan daftar pulang, SK Penetapan Jam Kerja Pegawai, Rekap Daftar hadir Komdanas, Rekapitulasi /Pemotongan Absen, Rekapitulasi Fingerprint, laporan surat diplin kerja hakim, Data hukum disiplin pns, Mesin fingerprint, Surat ijin keluar kantor, Formulir peringatan tertulis, a. Jika unit kerja telah mengimplementasikan seluruh aturan disiplin/kode etik/kode perilaku yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait aturan disiplin/kode etik/kode perilaku yang sesuai dengan karakteristik unit kerja. b. Jika unit kerja telah mengimplementasikan seluruh aturan disiplin/kode etik/kode perilaku yang ditetapkan organisasi ; c. Jika unit kerja telah mengimplementasikan sebagian besar aturan disiplin/kode etik/kode perilaku yang ditetapkan organisasi ; d. Jika unit kerja telah mengimplementasikan sebagian kecil aturan disiplin/kode etik/kode perilaku yang ditetapkan organisasi
6. Sistem Informasi Kepegawaian (1) 1,0 1,00 100,00%
a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala. A/B/C/D A 1 Ya, Dokumen kebutuhan pegawai berdasarkan peta jabatan dan analisa beban kerja, Surat usualan kebutuhan pegawai, SK mutasi internal, DRP/DRH, contoh Perkembangan pegawai, Dokumen Usulan Diklat, Dokumen SKP a. Jika data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara bulanan; b. Jika data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara triwulan; c. Jika data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara semesteran; d. Jika data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara tahunan
IV. PENGUATAN AKUNTABILITAS (10) 10,0 9,64 96,43%
1 Keterlibatan pimpinan (5) 5,0 5,00 100,00%
a. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan Y/T Ya 1 Ya, Undangan, Notula, Daftar Hadir, dan Foto Rapat Ya, jika pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan
b. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja Y/T Ya 1 Ya, Undangan, Notula, Daftar Hadir, dan Foto Rapat Ya, jika pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja
c. Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala Y/T Ya 1 Ya, Undangan, Notula, Daftar Hadir, dan Foto Rapat Ya, jika pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala
2 Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja (5) 5,0 4,64 92,86%
a. Apakah dokumen perencanaan sudah ada A/B/C A 1 Dokumen Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja (Renja) Tahunan 2019, Penetapan Kinerja (PK) Tahunan 2019 a. Jika unit kerja telah memiliki seluruh dokumen perencanaan (Rencana Strategis, Rencana Kerja Tahunan dan Penetapan Kinerja) ; b. Jika unit kerja hanya memiliki Rencana Strategis dan Penetapan Kinerja ; c. Jika unit kerja belum memiliki dokumen perencanaan
b. Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil A/B/C/D A 1 Dokumen SAKIP 2016, 2017, 2018 a.Jika seluruh dokumen perencanaan telah berorientasi hasil ; b. Jika sebagian besar dokumen perencanaan telah berorientasi hasil ; c. Jika sebagian kecil dokumen perencanaan telah berorientasi hasil ; d. Belum ada dokumen perencanaan yang berorientasi hasil
c. Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU) A/B/C B 0,5 Reviu IKU 2018 a. Jika unit kerja memiliki IKU yang ditetapkan organisasi dan juga membuat IKU tambahan yang sesuai dengan karakteristik unit kerja ; b. Jika unit kerja memiliki IKU yang ditetapkan organisasi; c. Jika unit kerja belum memiliki IKU
d. Apakah indikator kinerja telah SMART A/B/C/D A 1 Reviu IKU 2018 a.Jika seluruh indikator kinerja unit kerja telah SMART; b. Jika sebagian besar indikator kinerja unit kerja telah SMART ; c. Jika sebagian kecil indikator kinerja unit kerja telah SMART ; d. Belum ada indikator kinerja unit kerja yang SMART
e. Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu Y/T Ya 1 Laporan Surat Pengantar SAKIP 2019 Ya, jika unit kerja telah menyusun laporan kinerja tepat waktu
f. Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja A/B/C/D A 1 Laporan Kinerja Instansi Pemerintah 2018 a. Jika seluruh pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja ; b. Jika sebagian besar pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja ; c. Jika sebagian kecil pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja ; d. Belum ada pelaporan kinerja yang memberikan informasi tentang kinerja
g. Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja A/B/C/D A 1 Surat Tugas dan Sertifikat Pelatihan a.Jika unit kerja berupaya meningkatkan seluruh kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja ; b. Jika unit kerja berupaya meningkatkan sebagian besar kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja ; c. Jika unit kerja berupaya meningkatkan sebagian kecil kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja ; d. Unit kerja belum berupaya meningkatkan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja
h Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten A/B/C A 1 Surat Tugas dan Sertifikat Pelatihan a. Jika pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh seluruh SDM yang kompeten ; b. Jika pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh sebagian SDM yang kompeten ; c. Pengelolaan akuntabilitas kinerja belum dilaksanakan oleh seluruh SDM yang kompeten
V. PENGUATAN PENGAWASAN (15) 15,0 14,13 94,20%
1 Pengendalian Gratifikasi (3) 3,0 3,00 100,00%
a. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi A/B/C A 1 Sudah ada banner public campaign, sudah ada stiker himbauan, sudah dibuat audio himbauan untuk mencegah gratifikasi, sudah dibuat audio visual himbauan untuk mencegah gratifikasi a. Public campaign telah dilakukan secara berkala b. Public campaign dilakukan tidak secara berkala c. Belum dilakukan public campaign
b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan A/B/C A 1 Sudah terlaksana dan sudah ada SK unit pengendalian Gratifikasi, sudah ada SK PTSP, sudah terpasang CCTV di berbagai titik di gedung pengadilan negeri ketapang, sudah dilampirkan bukti pengiriman LHKPN a. Jika unit kerja mengimplementasikan pengendalian gratifikasi sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait pengendalian gratifikasi yang sesuai dengan karakteristik unit kerja ; b. Jika unit kerja mengimplementasikan pengendalian gratifikasi sesuai dengan yang ditetapkan organisasi; c. Jika unit kerja belum mengimplementasikan pengendalian gratifikasi
2 Penerapan SPIP (3) 3,0 2,38 79,25%
a. Telah dibangun lingkungan pengendalian A/B/C/D A 1 Sudah ada nya dokumen matrik identifikasi resiko a. Jika unit kerja membangun seluruh lingkungan pengendalian sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait lingkungan pengendalian yang sesuai dengan karakteristik unit kerja; b. Jika unit kerja membangun seluruh lingkungan pengendalian sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; c. Jika unit kerja membangun sebagian besar lingkungan pengendalian sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; d. Jika unit kerja membangun sebagian kecil lingkungan pengendalian sesuai dengan yang ditetapkan organisasi
b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan A/B/C/D B 0,67 Sudah ada nya analisis resiko dan peta resiko a. Jika unit kerja melakukan penilaian risiko atas seluruh pelaksanaan kebijakan sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait lingkungan pengendalian yang sesuai dengan karakteristik unit kerja; b. Jika unit kerja melakukan penilaian risiko atas seluruh pelaksanaan kebijakan sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; c. Jika melakukan penilaian risiko atas sebagian besar pelaksanaan kebijakan sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; d. Jika melakukan penilaian risiko atas sebagian kecil pelaksanaan kebijakan sesuai dengan yang ditetapkan organisasi
c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi A/B/C B 0,5 Sudah ada dokumen level resiko a.Jika unit kerja melakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir resiko sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait kegiatan pengendalian untuk meminimalisir resiko yang sesuai dengan karakteristik unit kerja ; b. Jika unit kerja melakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir resiko sesuai dengan yang ditetapkan organisasi; c. Jika unit kerja belum melakukan seluruh kegiatan pengendalian untuk meminimalisir resiko
d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait A/B/C A 1 Sudah ada a. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait b. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada sebagian pihak terkait c. Belum ada pihak terkait yang mendapatkan informasi dan komunikasi mengenai SPI
3 Pengaduan Masyarakat (3) 3,0 3,00 100,00%
a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan A/B/C/D A 1 Sudah ada SK pengadiuan Masyarakat, sudah di tunjuk petugas khusus loket pengaduan, sudah dibuat kan banner / spanduk sarana penyampaian pengaduan melalui media online a.Jika unit kerja mengimplementasikan seluruh kebijakan pengaduan masyarakat sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait pengaduan masyarakat yang sesuai dengan karakteristik unit kerja; b. Jika unit kerja telah mengimplementasikan seluruh kebijakan pengaduan masyarakat sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; c. Jika unit kerja telah mengimplementasikan sebagian besar kebijakan pengaduan masyarakat sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; d. Jika unit kerja telah mengimplementasikan sebagian kecil kebijakan pengaduan masyarakat sesuai dengan yang ditetapkan organisasi
b. Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti A/B/C/D A 1 Sudah dibuat blangko khusus penyampaian pengaduan masyarakat kepada bagian terkait a. Jika seluruh hasil penanganan pengaduan masyarakat ditindaklanjuti oleh unit kerja; b. Jika sebagian besar Hasil penanganan pengaduan masyarakat ditindaklanjuti oleh unit kerja; c. Jika sebagian kecil Hasil penanganan pengaduan masyarakat ditindaklanjuti oleh unit kerja; d. Jika seluruh hasil penanganan pengaduan masyarakat belum ditindaklanjuti oleh unit
c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat A/B/C/D A 1 Sudah dibuat laporan monitoring dan evaluasi laporan pengaduan setiap bulan dan sudah dibuat blangko bukti penyampaian pengaduan masyarakat kepada bagian terkait untuk ditindak lanjuti a.Jika monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat dilakukan bulanan; b. Jika monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat dilakukan triwulan; c. Jika monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat dilakukan semesteran; d. Jika monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat dilakukan tahunan
d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti A/B/C A 1 Sudahdibuat blangko untuk bukti penyampaian pengaduan masyarakat kepada bagian terkait untuk ditindak lanjuti dan sudah dibuat dokumen laporan tindak lanjut (tindakan perbaikan pelayanan) a.Jika seluruh hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti oleh unit kerja; b. Jika sebagian hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti oleh unit kerja; c. Jika belum ada hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat yang ditindaklanjuti unit kerja
4 Whistle-Blowing System (3) 3,0 2,75 91,75%
a. Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi ? Y/T Ya 1 Sudah ada nya dokumen dan foto internalisasi WBS Ya,jika Whistle Blowing System telah di internalisasi di unit kerja
b. Whistle Blowing Systemtelah diterapkan A/B/C/D B 0,67 Sudah ada nya SK penanggung jawab petugas pengaduan dan operator SIWAS a. Jika unit kerja menerapkan seluruh kebijakan Whistle Blowing System sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait pelaksanaan Whistle Blowing System yang sesuai dengan karakteristik unit kerja; b. Jika unit kerja menerapkan seluruh kebijakan Whistle Blowing System sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; c. Jika unit kerja menerapkan sebagian besar kebijakan Whistle Blowing System sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; d. Jika unit kerja menerapkan sebagian kecil kebijakan Whistle Blowing System sesuai dengan yang ditetapkan organisasi
c. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System A/B/C/D A 1 Sudah ada nya dokumen laporan hasil evaluasi penerapan WBS a. Jika evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System dilakukan bulanan; b. Jika evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System dilakukan triwulan; c. Jika evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System dilakukan semesteran; d. Jika evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System dilakukan tahunan
d. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti A/B/C/D A 1 Sudah adanya dokumen laporan tindak lanjut hasil-hasil evaluasi atas penerapan WBS a. Jika seluruh hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti oleh unit kerja; b. Jika sebagian besar hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti oleh unit kerja; c. Jika sebagian kecil hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti oleh unit kerja; d. Jika belum ada hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System yang ditindaklanjuti unit kerja
5 Penanganan Benturan Kepentingan (3) 3,0 3,00 100,00%
a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama Y/T Ya 1 Sudah ada dokumen identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama Ya, Jika unit kerja telah mengidentifikasi/memetakan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama
b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi A/B/C/D A 1 Sudah ada sosialisasi a. Jika penanganan Benturan Kepentingan disosialiasikan/diinternalisasikan ke seluruh unit kerja b. Jika penanganan Benturan Kepentingan disosialiasikan/diinternalisasikan ke sebagian besar unit kerja; c. Jika penanganan Benturan Kepentingan disosialiasikan/diinternalisasikan ke sebagian kecil unit kerja d. Jika penanganan Benturan Kepentingan belum disosialiasikan/diinternalisasikan ke seluruh unit kerja
c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan A/B/C/D A 1 Sudah ada dokumen surat pernyataan bebas dari benturan kepentingan a. Jika penanganan Benturan Kepentingan diimplementasikan ke seluruh unit kerja b. Jika penanganan Benturan Kepentingan diimplementasikan ke sebagian besar unit kerja; c. Jika penanganan Benturan Kepentingan diimplementasikan ke sebagian kecil unit kerja d. Jika penanganan Benturan Kepentingan belum diimplementasikan ke seluruh unit kerja
d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan A/B/C A 1 Sudah ada dokumen laporan evaluasi atas penanganan benturan kepentingan a. Jika penanganan Benturan Kepentingan dievaluasi secara berkala oleh unit kerja; b. Jika penanganan Benturan Kepentingan dievaluasi tidak secara berkala oleh unit kerja; c. Jika penanganan Benturan Kepentingan belum dievaluasi oleh unit kerja
e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti A/B/C/D A 1 Sudah ada dokumen laporan tindak lanjut atas penanganan benturan kepentingan a. Jika seluruh hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti oleh unit kerja; b. Jika sebagian besar hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti oleh unit kerja; c. Jika sebagian kecil hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti oleh unit kerja; d. Jika belum ada hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan yang ditindaklanjuti unit kerja
VI. PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (10) 10,0 10,00 100,00%
1 Standar Pelayanan (3) 3,0 3,00 100,00%
a. Terdapat kebijakan standar pelayanan A/B/C A 1 a. Jika unit kerja memiliki kebijakan standar pelayanan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait standar pelayanan yang sesuai dengan karakteristik unit kerja ; b. Jika unit kerja memiliki kebijakan standar pelayanan yang ditetapkan organisasi; c. Jika unit kerja belum memiliki kebijakan standar pelayanan
b. Standar pelayanan telah dimaklumatkan A/B/C/D A 1 a. Jika unit kerja memaklumatkan seluruh standar pelayanan sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait maklumat standar pelayanan yang sesuai dengan karakteristik unit kerja; b. Jika unit kerja memaklumatkan seluruh standar pelayanan sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; c. Jika unit kerja memaklumatkan sebagian besar standar pelayanan sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; d. Jika unit kerja telah memaklumatkan sebagian kecil standar pelayanan sesuai dengan yang ditetapkan organisasi
c. Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan A/B/C/D A 1 a. Jika unit kerja menerapkan seluruh SOP sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait SOP yang sesuai dengan karakteristik unit kerja; b. Jika unit kerja menerapkan seluruh SOP sesuai dengan yang ditetapkan organisasi; c. Jika unit kerja menerapkan sebagian besar SOP sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; d. Jika unit kerja menerapkan sebagian kecil SOP sesuai dengan yang ditetapkan organisasi
d. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP A/B/C A 1 a. Jika unit kerja melakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga unit kerja berinisiatif melakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP ; b. Jika unit kerja melakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP sesuai dengan yang ditetapkan organisasi ; c. Jika unit kerja belum melakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP
2 Budaya Pelayanan Prima (3) 3,0 3,00 100,00%
a. Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima A/B/C/D A 1 a. Seluruh sosilisasi/pelatihan telah dilakukan dalam upaya penerapan budaya pelayanan prima b. Sebagian besar sosialisasi/pelatihan telah dilakukan dalam upaya penerapan budaya pelayanan prima c. Sebagian kecil sosialisasi/pelatihan telah dilakukan dalam upaya penerapan budaya pelayanan prima d. Seluruh sosilisasi/pelatihan belum dilakukan dalam upaya penerapan budaya pelayanan prima
b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media A/B/C A 1 a.Informasi pelayanan dapat diakses melalui berbagai media (misal: papan pengumuman, website, media sosial, media cetak, media televisi, radio dsb) b. Informasi pelayanan dapat diakses melalui beberapa media (misal: papan pengumuman, selebaran, dsb) c. Informasi pelayanan sulit diakses melalui berbagai media
c. Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar A/B/C A 1 a. Telah terdapat sistem sanksi/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar dan sudah diimplementasikan b. Telah terdapat sistem sanksi/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar ada namun belum diimplementasikan c. Belum terdapat sistem sanksi/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar
d. Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi A/B/C/D A 1 a. Apabila seluruh pelayanan sudah dilakukan secara terpadu b. Apabila sebagian besar pelayanan sudah dilakukan secara terpadu c. Apabila sebagian kecil pelayanan sudah dilakukan secara terpadu d. Apabila tidak ada pelayanan yang dilakukan secara terpadu
e. Terdapat inovasi pelayanan A/B/C/D A 1 a. Jika unit kerja telah memiliki inovasi pelayanan yang seluruhnya berbeda dengan unit kerja lain; b. Jika unit kerja telah memiliki inovasi pelayanan yang sebagian besar sama dengan unit kerja lain; c. Jika unit kerja telah memiliki inovasi pelayanan sama dengan unit kerja lain ; d. Jika unit kerja belum memiliki inovasi pelayanan
3 Penilaian kepuasan terhadap pelayanan (4) 4,0 4,00 100,00%
a. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan A/B/C A 1 a. Survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dilakukan secara berkala b. Survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan tidak berkala c. Belum ada survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
b. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka A/B/C A 1 a. Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses melalui berbagai media (misal: papan pengumuman website, media sosial, media cetak, media televisi, radio dsb) b. Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses melalui beberapa media (misal: papan pengumuman, selebaran, dsb) c. Hasil survei kepuasan masyarakat sulit diakses melalui berbagai media
c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat A/B/C/D A 1 a. Dilakukan tindak lanjut atas seluruh hasil survey kepuasan masyarakat b. Dilakukan tindak lanjut atas sebagian besar hasil survey kepuasan masyarakat c. Dilakukan tindak lanjut atas sebagian kecil hasil survey kepuasan masyarakat d. Belum dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat
TOTAL PENGUNGKIT 60,0 56,84
B. HASIL (40)
I. PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN (20) 20,0 18,85 94%
1. Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) (15) 15,0 0-4 4 15,00 100,00% Diisi dengan nilai hasil Survei Eksternal atas Persepsi Korupsi
2. Persentase temuan hasil pemeriksaan (Internal dan eksternal) yang ditindaklanjuti (5) 5,0 0-100% 77 3,85 77,00%
II. KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (20) 20,0 20,00 100%
1. Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) (20) 20,0 0-4 4 20,00 100,00% Diisi dengan Nilai Hasil Survei Eksternal Kualitas Pelayanan
TOTAL HASIL 40,0 38,85 0,97125
NILAI EVALUASI REFORMASI BIROKRASI 95,69