Upacara Hari Kebangkitan Nasional

Batang- Ketua Pengadilan Negeri Batang, Abdullatip, S.H.,M.H. Senin, 21 Mei 2018 pukul 08.30 WIB menjadi Pembina Upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018 di halaman depan gedung Pengadilan Negeri Batang. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh warga Pengadilan Negeri Batang yang meliputi Hakim, Pegawai, Calon Hakim, dan Pramubakti.
Bertindak sebagai komandan upacara, Sekretaris Pengadilan Negeri Batang, M. Ervan Rulidartono, SH, memimpin berlangsungnya upacara dengan diawali penghormatan umum kepada Pembina Upacara. Kemudian dilanjutkan laporan dari Komandan Upacara. Selanjutnya pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera yaitu Ikrom (Pramubakti bagian PTIP), Mohamad Asnawi, SPd, SH, (Jurusita Pengganti) dan Sunarno, A.Md (Staf bagian umum dan keuangan).
Pembacaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Staf Kepaniteraan Pidana, Bapak Atrita Puitisia, S.H, dilanjutkan amanat oleh Pembina Upacara. Dalam upacara ini, Pembina upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI.
Antara lain yang disampaikan adalah pesan Bung Karno bahwa persartuan bangsa seperti layaknya sapu lidi, Jika tidak diikat, maka lidi tersebut akan tercerai berai, tidak berguna dan mudah dipatahkan. Tetapi jikalau lidi-lidi tersebut digabungkan, diikat menjadi sapu, mana ada manusia bisa mematahkan sapu lidi yang sudah terikat.
Gambaran tersebut aktual sekali pada masa sekarang ini. Kita merasakan bahwa ada kekuatan-kekuatan yang berusaha merenggangkan ikatan sapu lidi kita. Kita disuguhi hasutan-haustan yang membuat kita bertikai dan tanpa sadar mengiris ikatan yang sudah puluhan tahun menyatukan segala perbedaan tersebut.
Dulu kita bisa dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi, dengan keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi , berhimpun, dan menyatukan pikiran untuk memperjuagkan kedaulatan bangsa. Seharusnya sekarang kita juga bisa menjaga persatuan dan kesatuan dentgan memanfaatkan semua kemudahan di masa sekarang seperti kemajuan teknologi yang semestinya dapat kita manfaatkan dengan baik dan bijak, jangan sampai malah menjadi sarana memecah belah kita.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110. Mari maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masingm, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsan di tahun-tahun-tahun mendatang.
Upacara berlangsung dengan khidmat dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Wakil Panitera Pengadilan Negeri Batang, Suhanto, S.H. Sepanjang upacara berlangsung, Panitera Muda Pidana, Ibu Suhastuti, S.H., bertindak langsung sebagai pembawa acara. (BK)