Wasmat di Era Pandemi

Pengadilan Negeri Batang mengadakan pengawasan dan pengamatan terhadap nrapidana di Rutan Kelas II Batang. Dalam rangka mencegah penyebaran covid-19, pelaksanaannya dilakukan secara daring pada Jumat, 18 Juni 2021.

Wasmat sendiri adalan pengawasan dan pengamatan terhadap narapidana dalam menjalankan pidana penjara di lembaga pemasyarakatan. Hal tersebut menjadi salah satu fungsi pengadilan terhadap putusan yang dijatuhkannya.

Adalah Harry Suryawan, S.H., M.Kn, yang menjalankan tugas hakim pengawas dan pengamat di Pengadilan Negeri Batang. Dengan didampingi Suhastuti, S.H, Panitera Muda Pidana secara daring dari ruang rapat Ketua Pengadilan Negeri Batang.

Setidaknya tiga orang narapida melakukan wawancara secara daring. Berbagai hal digali pada kegiatan tersebut. Salah satu yang menarik adalah mengenai pelayanan di masa pandemi covid-19, yang tentu saja berbeda dengan sebelumnya.

“Kunjungan tatap muka ditiadakan dan diganti secara daring,” jawab salah satu warga binaan ketika ditanyakan hakim wasmat. Sedangkan untuk sidang online telah ada ruangan tersendiri jelasnya kemudian. “Ruangan sidang online jauh lebih nyaman dibanding blok sel,” ucapnya. Meski ada beberapa batasan selama masa pandemi, pelayanan yang diberikan Rutan Batang sama sekali tidak ada kendala bahkan semakin membaik, ujar warga binaan yang telah lebih dua tahun menjalani pidana dari 6 tahun pidana yang harus dijalankannya akibat perkara narkotika. (Humas/PN Btg).